Taruna Merah Putih Apresiasi Presiden Jokowi Kunjungi Ende

MEDIASURYA.COM, JAKARTA
|| Kabupaten Ende memiliki catatan penting sejarah bangsa Indonesia. Ende tak lepas dari Pancasila, dasar dan falsafah negara. Di kota Ende, Presiden Pertama RI Bung Karno merenungkan dan menemukan butir-butir Pancasila di bawah sebuah pohon sukun. Kemudian pemerintah menetapkan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila lalu diperingati setiap tahun.

Baca juga : Rumah Hadiah Presiden Jokowi Untuk, Korban Bencana Lembata Belum Rampung Diselesaikan

Ucapan Terimakasih Untuk Presiden Jokowi Disampaikan Asosiasi Kepala Desa (ASKADES)Flores Timur

Presiden Joko Widodo didampingi ibu negara Iriana Joko Widodo, Presiden ke-5 Indonesia Megawati Soekarnoputri, Ketua DPR Puan Maharani, sejumlah menteri, bersama rombongan dijadwalkan tiba di Ende, kota Kabupaten Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Kehadiran Presiden dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022 pada Rabu, 1 Juni, merupakan sejarah baru bagi masyarakat Indonesia, terutama warga Flobamora khususnya warga Ende.

“Keluarga besar Taruna Merah Putih Jakarta Timur menyampaikan apresiasi dan menaruh rasa hormat kepada Presiden Jokowi serta Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Ibu Mega, dan Mba Puan atas kehadirannya di Ende. Dalam sejarah perjalanan bangsa, saya pikir Pak Joko Widodo adalah Presiden Indonesia pertama bersama Ibu Negara yang berkesempatan merayakan Hari Lahir Pancasila di Ende, ujar Wakil Ketua Taruna Merah Putih Jakarta Timur Marianus Wilhelmus Lawe Wahang melalui keterangan tertulis dari Restanura, Saudi Arabia, Senin (30/5).

Menurut Lawe, sapaan akrab lulusan Jurusan Transportasi Laut, Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti Jakarta, kehadiran Presiden Jokowi di kota Ende pada perayaan Hari Lahir Pancasila merupakan momentum membanggakan dan menjadi penambah spirit, semangat rakyat Indonesia khususnya yang tinggal di NTT karena dihadiri langsung Ibu Mega, putri Bung Karno serta Ketua DPR yang merupakan cucu proklamator itu.

“Kota Ende melahirkan sejarah baru kehadiran Bapak Presiden Jokowi dan ibu Mega serta Ketua DPR. Kalau dulu Bung Karno tinggal selama empat tahun di kota Ende selama pengasingan, Jokowi dan rombongan berada di Ende selama sehari. Meski demikian, ini sejarah baru. Pemerintah dan masyarakat Ende. Warga begitu antusias bersiap menjemput Jokowi dan menjaga keamanan serta kenyamanan kepala negara selama di Ende, kota Pancasila,” lanjut Lawe.

Baca juga ; PT.Adhi Karya Belum Rampungkan Risha Bagi Warga Terdampak Seroja Lembata

Anggaran Stimulan Terdampak Bencana BNPB Untuk Lembata Terancam Gagal Dikucurkan.

Lulusan Magister Teknik Mesin (M.Eng) lulusan Balai Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta ini menambahkan, saat ini dirinya tengah bekerja sebagai kepala kamar mesin (chief engineer) kapal berbendara asing yang melayani rute perairan Uni Emirat Arab dan benua Afrika. Namun, kabar kehadiran Presiden Jokowi, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua DPR yang beredar sebelumnya sungguh menggembirakan di tengah ia menunaikan aktivitas sebagai chief engineer di perairan Uni Emirat Arab maupun benua Afrika.

“Sebagai putera NTT yang dilahirkan di kampung, saya menaruh rasa hormat karena Presiden Soekarno pernah berada di Ende selama empat tahun lalu menghasilkan Pancasila sebagai dasar negara. Kali ini Presiden Jokowi berkenan mengunjungi Ende. Ini momen penting bersejarah dan penambah semangat generasi muda untuk setia membumikan nilai-nilai Pancasila di tengah tantangan yang kian mengglobal,” lanjut Lawe yang juga Ketua Ikatan Pelaut Flobamora Seluruh Indonesia.

Kehadiran Jokowi bersama rombongan juga menjadi pintu masuk menyegarkan kembali ingatan bersama anak bangsa bahwa Pancasila adalah rumah bersama yang tak boleh diruntuhkan oleh kekuatan kelompok maupun ideologi manapun. Pancasila merupakan rumah masa depan berisi nilai-nilai keutamaan hidup seperti saling mengasihi, menghormati satu sama lain, kerjasama, semangat juang, tak mudah menyerah, dan solider hal yang merupakan karakter bangsa.

“Nilai-nilai Pancasila yang digali dan ditemukan Bung Karno merupakan pedoman hidup warga bangsa dan pintu masuk menghargai pluralitas sesama anak bangsa agar tetap nilai-nilai tersebut bersemayam dalam sanubari menggapai kemajuan dan kesejahteraan. Kehadiran Jokowi di Ende membantu warga masyarakat NTT menegaskan kepada warga lainnya bahwa kami semua seratus persen mencintai Indonesia dan rela terluka oleh gangguan apapun yang berniat merongrong eksistensi Pancasila sebagai dasar dan falsafah negara,” kata Lawe.

Menurut rencana, Presiden Jokowi bersama Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Hj. Megawati Soekarnoputri, Ketua DPR Puan Maharani, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan rombongan lainnya bertolak dari Bandara Internasional Halim Perdanakusuma Jakarta Selasa (31/5) pukul 16.30 WIB dan diperkirakan tiba di Bandara H Hasan Aroeboesman Ende, sekitar pukul 20.00 WITA.

Rombongan Presiden akan disambut oleh Kepala BPIP Yudian Wahyudi, Panglima Kodam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, SE, MM, Gubernur Viktor Laiskodat, Komandan Korem 161/Wirasakti, Kapolda NTT, dan Bupati Ende di bandara Haji Aroeboesman. Rombongan Presiden akan nginap di Hotel Grand Wisata. Sebelum memimpin apel Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pancasila Ende, 1 Juni 2022, rombongan Presiden akan mengunjungi Rumah Pengasingan Bung Karno di Jalan Perwira, Kelurahan Kotaraja, Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende.

Ket foto:
Presiden Joko Widodo bersama Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Hj. Megawati Soekarnoputri saat silaturahmi di Istana Merdeka, Jakarta beberapa waktu lalu. Sumber foto: Twitter@jokowi

mediasurya .com

Ungkap Realita Sosial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.