Warga Antusias Ikut Upacara Penutupan TTMD ke-113 tahun 2022, Kodim 1624/Flotim

MEDIASURYA.COM,LARANTUKA || Meskipun cuaca mendung tetapi semangat para Prajurit tidak pernah Luntur, bertempat langsung depan halaman SDN Likotuden, Dusun Likotuden, Desa Kawalelo Kec. Demon Pagong, Kab. Flores Timur telah berlangsung kegiatan Upacara penutupan TMMD ke 113 Kodim 1624/Flotim. Bertindak Selaku Inspektur Upacara Kepala Seksi Teritorial Kasrem 161/WS Kodam IX/Udayana Kolonel Inf Zeniman Zega, S.H, M. Hum, Pada Kamis pagi (09 Juni 2022).

Bac juga ;Kolaborasi Satgas TMMD ke-113 dan Masyarakat Tuntaskan Pembukaan Jalan Baru, Dengan Pendekatan Kekeluargaan.

Wujud Nyata TNI Dalam Membangun Ketahanan Pangan

Peserta Upacara dari Personil Kodim 1624/Flotim 1 SSR, Personil Brigif 21/Komodo 1 SSR, Personil TNI – AL Maumere 1 SSR Personil TNI -AU Kupang 1 SSR, Personil Polres Flotim 1 SSR, Personil kelompok Pelajar SMK 1 SSR, Personil Limas 1 SSR dan Masyarakat Desa Kawalelo.

Acara dimulai dengan Persiapan Pasukan, Komandan Upacara memasuki Lapangan Upacara, Kepala Seksi Teritorial Korem 161/Wira Sakti selaku inspektur upacara tiba di lapangan Upacara (pasukan di siapkan), Penghormatan Pasukan, Laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara (Di lanjutkan pemeriksaan pasukan), Pembacaan Laporan Hasil TMMD ke-113 TA 2022, oleh Komandan Kodim 1624/Flotim Letkol Inf Tunggul Jati, SH, Penandatanganan berita acara hasil TMMD ke-113 TA 2022, Perwakilan Penanggalan tanda satgas TMMD secara Simbolis mengambil tempat.

Amanat Pangdam IX / Udayana yang di bacakan Inspektur Upacara dilanjutkan Pernyataan Resmi penutupan TMMD ke-113 TA 2022 : Marilah tiada henti-hentinya kita memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya pada hari ini kita masih diberikan kesehatan dan kekuatan sehingga dapat menghadiri Upacara Penutupan TMMD Ke-113 TA 2022 di Wilayah Kodam IX/Udayana.

Perlu saya sampaikan, bahwa TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), Pemerintah Daerah dan komponen bangsa lainnya. Prioritas dari program TMMD adalah daerah pedesaan yang tergolong sebagai daerah miskin/tertinggal, terpencil/ terisolir, perbatasan/pulau-pulau kecil terluar dan daerah kumuh perkotaan, serta daerah yang terkena bencana.

Di samping itu juga, untuk membantu pemerintah memberdayakan wilayah serta meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah demi kepentingan pertahanan negara dan mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh, guna memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Melalui kegiatan TMMD diharapkan dapat menggelorakan kembali semangat gotong royong dan dapat dimanfaatkan sebagai momentum untuk berpartisipasi dalam membantu Pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19.

Berbagai program kegiatan yang dilaksanakan, sangat tepat dengan tema yang diangkat dalam TMMD Ke-113 kali ini, yaitu TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI”

Perlu diketahui bersama bahwa kegiatan TMMD yang dilaksanakan selama satu bulan mulai tanggal 11 Mei sampai dengan 9 Juni 2022 ini melibatkan semua komponen bangsa, termasuk di dalamnya menurunkan 600 Prajurit TNI yang tersebar di 4 Kabupaten/Kota se-Bali Nusa Tenggara, yaitu di Kabupaten TTU, Flores Timur, Lombok Timur dan Klungkung.

Saya Pangdam IX/Udayana selaku Pengendali Kegiatan Operasional TMMD, mewakili seluruh Prajurit TNI dan Polri, menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat apabila selama pelaksanaan TMMD ada tutur kata, tindakan maupun perbuatan prajurit yang kurang berkenan di hati masyarakat.

Sebelum mengakhiri sambutan ini, ada beberapa hal yang perlu saya sampaikan, yaitu Pertama, pertahankan semangat kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI-Rakyat dengan selalu hadir di tengah- tengah masyarakat untuk membantu dan memberikan kontribusi demi kesejahteraan masyarakat., Kedua lestarikan semangat gotong royong sebagai warisan Budaya Bangsa Indonesia yang sudah terbina dengan baik selama ini.

Ketiga, pelihara hasil program TMMD ke-113, agar manfaatnya dapat dinikmati oleh masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang serta adakan perawatan bersama masyarakat di wilayah secara mandiri dan swadaya.

Keempat, kepada para Dansatgas, lakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD untuk dijadikan bahan perbaikan pada TMMD mendatang.

Kelima dengan selesainya kegiatan ini kepada para Prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD agar segera kembali ke induk pasukan masing-masing dan perhatikan faktor keamanan.

Akhirnya, dengan mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, pada hari ini Kamis tanggal 9 Juni 2022 Pukul 09.00 WITA Program TNI Manunggal Membangun Desa Ke-113 TA 2022 secara resmi saya nyatakan ditutup. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingan-Nya kepada kita sekalian.

Hadir dalam kegiatan tersebut Penjabat Bupati Flores Timur An. Drs. Doris Alexander Rihi, M.Si, Komandan Kodim 1624/Flotim Letkol Inf Tunggul Jati, SH., Kapolres Flotim AKBP I Gede Ngurah Joni, S.H, S.IK, M.H., KADIS PU dan Penataan Ruang Kab. Flotim An. Johanes Brecmans Suban Tukan, ST, MT., Kepala BPBD An. Alfonsus Hada Betan. SP.,

Kabag Kesbangpol An. Andreas Kewa Ama, SH, kasdim 1624/Flotim Mayor inf Dedi yudo Baskoro, Pasi Intel Kodim 1624/Flotim Kapten Inf. Yakobus Milan Tukan., Kejaksaan Negeri Flores Timur An. Taufik Tadjuddin, S.H., Danramil 1624 -06/ Wulanggintang Letda Inf M.Tuhri., Kepala BRI cabang Larantuka An. Hendra Ima Sasmita., Camat Demon Pagong An. Subastianus Nanggo Nedabang S.H., Kepala Desa Kawalelo An. Paulus Ike Kola., Kepala Dusun Likotuden An. Bergita Genereng Hera dan Masyarakat Dusun Likotuden

mediasurya .com

Ungkap Realita Sosial

2 komentar pada “Warga Antusias Ikut Upacara Penutupan TTMD ke-113 tahun 2022, Kodim 1624/Flotim

  • 2 Juli 2022 pada 12:52 am
    Permalink

    Thank you for every other wonderful post. Where else may just anybody get that kind of information in such a perfect approach of writing? I have a presentation subsequent week, and I’m at the look for such information.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.