Mediasurya.com,Lembata || Yoan Lucano Peuobuq kader partai Demokrat yang kini dimandatkan sebagai plt.Ketua Bintang Muda Indonesia (BMI) organisasi sayap partai Demokrat Lembata, mengatakan dirinya mencium indikasi ada pihak yang sedang berupaya menodai perjuangan dan bahkan ada yang sedang mau melukai partai Demokrat Lembata.

Baca juga ; Jufri Lamablawa ; “Pemda Lembata Segera Lakukan Kajian dan Temukan Solusi Terkait Kecamatan Ile Ape Timur”

Pemda Lembata Lakukan Pelecehan Terhadap Budaya Lembata?

Saya tidak menuduh atau memfitna siapa-siapa tapi ini hanya praduga tak bersalah pada situasi terkini, partai Demokrat Lembata. Hal ini secara tegas disampaikan Yoan Lucano kepada media ini (14/5/2022).

Demokrat adalah Partai besar yang pernah berkuasa di Republik ini tapi, kemudian mendapat cukup banyak tantangan belakangan ini. Diakui atau tidak polemik yang terjadi dibawa kepemimpinan AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) partai Demokrat ( PD) belum juga usai dimainkan sejumlah pihak yang hendak menggangu konsentrasi partai.

Sebutlah upaya KLB yang dilakukan kubu Muldoko beberapa waktu lalu, bahwa, Konflik ini seakan mewabah hingga daerah dan dinamika pun dialami oleh kepengurusan PD propinsi NTT. Bahwa kejadian tidak sama dengan langkah Moeldoko cs tapi gerakan politik yang dilakukan kubu jeriko telah menambah kegaduhan partai Demokrat. Sebagai kader ditingkat kabupaten kami berharap hal-hal yang berdampak para perpecahan, disharmonis yang menggangu kesolidan simpati partai patut mendapat perhatian serius urai Lucano.

Baca juga ; Jaksa Sita Alat Bukti Kasus Dugaan Korupsi Pengadaan Kapal Phinisi Aku Lembata. Jika Tidak Ada Halangan Secepatnya Ditetapkan Tersangka

Jaksa Bakal Tetapkan Tersangka Dugaan Korupsi Pengadaan Kapal Phinisi Aku Lembata?


Konflik itu sontak menarik sorotan publik, asumsi serta opini bermunculan bahkan ada yang menilai, Demokrat saat ini sudah melenceng dan dianggap tidak demokratis lagi. Kekhawatiran publik kian menguak manakala akan dilangsungkan Muscab ( Musyawarah Cabang) untuk menjaring calon pemimpin ditingkat daerah. banyak pertanyaan mulai muncul apakah kondisi konflik ini masih terbawah? Mudah-mudahan tidak.

Melihat situasi dan kondisi ini, sekretaris yang saat ini merangkap Plt.ketua BMI kabupaten Lembata Yoan lucano peuobung, angkat bicara, bahwa perlu ada semacam proteksi dan nafigasi dini ditingkat DPP untuk memantau dalam rangka mencegah konflik di daerah menjelang muscab, sehingga dapat meminimalisir perpecahan yang dapat merugikan PD. Hendaklah semua elemen partai menanggalkan segalah kepentingan yang dapat memicu konflik serta memupuk persatuan dan kesatuan untuk mendukung kerja PD di 2024 mendatang.

BMI menyayangkan mengapa Masih ada oknum-oknum elit partai ditingkat daerah Masi terus melakukan upaya sikut menyikut dan saling menjatuhkan dalam tubuh partai? sungguh ironis dan berbanding terbalik dengan kerja ketum yang saat ini sedang mencari simpati dukungan seantero Nusantara.

Lukano mengatakan, dinamika demokrasi yang tidak sehat sering kali berkaitan dengan perbedaan pendapat dikarenakan adanya kompetisi atau persaingan yang tidak sehat menjelang muscab. Juga sangat terasa di kabupaten Lembata.

Baca juga ; Duka Beruntun Warga Tanjung Bunga Larantuka Bersedih, Nenek Dan Dua Cucu Merenggang nyawa Di Embung Waibao

Albert Buran Bendahara Pimpinan Setda Lembata Ditemukan Tak Bernyawa Menggantung Di Pohon Asam Lusikawak


untuk itu PLT ketua BMI merasa perlu memberikan beberapa catatan yang kirannya didengarkan DPP untuk dipertimbangkan diantaranya faktor yang sangat bersinggungan dengan konflik internal ditingkat DPC Lembata. Ada beberapa dugaan diantaranya ;
1. Persaingan kepentingan individu atau kelompok dalam menguasai posisi strategis lebih dipandang sebagai “status sosial” dibanding sebagai “ tanggung jawab sosial” yang acap kali banyak yang memiliki ambisi besar namun secara pemahaman membesarkan partai jauh panggang dari api.


2.Tingkat kematangan menerima realitas kekalahan dalam memperjuangkan gagasan dan kepentingan indvidu atau kelompoknya .berujung menyudutkan pihak lain dengan cara- cara politik kotor masih saja terus dilakukan


3.Adanya kecenderungan tidak bisa memilah antara kepentingan (strategis) dengan taktis. Oleh sejumlah elit yang dipercayakan partai, kadang-kadang dikalahkan oleh kepentingan individu atau kelompok ( taktis ) dikarenakan adanya dugaan Deal- Deal yang telah disepakat yang akhirnya mengorbankan partai dan kader -kadernya yang jelas selama ini berjibaku membesarkan partai


4.Campur tangan dari luar partai. Ada upaya intervensi kekuatan di luar partai sebagai, penyumbang dana dalam mempengaruhi keputusan strategis dan hanya berorientasi pada kepentingan mengamankan lahan basa ditingkat daerah yang didahulukan namun, bertolak belakang dengan kepentingan pusat yakni bagimana memenangkan kompetisi pilpres mendatang.


5.Adanya upaya untuk membungkam usulan orsap yang dianggap kritis atas sejumlah hal yang telah menyimpang dari demokrasi yang dianut PD selama ini.

Ia juga menambahkan bahasanya Ada beberapa kemungkinan dampak yang ditimbulkan setelah terjadinya konflik partai politik tersebut.


Pertama, adanya kesan inkonsistensi yang dinilai masyarakat terhadap partai politik. Dimana partai politiklah yang seharusnya mengendalikan atau mengatur konflik di tengah masyarakat, dan bukan masyarakat yang menyaksikan partai politik berkonflik.

Baca juga ; Kades Loyobohor Apresiasi Kerja Tim Teknis Dinas PUPR Lembata Atasi Kesulitan Air Bersih Di Buyasuri

Duka Beruntun Warga Tanjung Bunga Larantuka Bersedih, Nenek Dan Dua Cucu Merenggang nyawa Di Embung Waibao
Kedua, munculnya narasi menciderai nilai-nilai demokrasi. Jika tidak maka dapat dipastikan kepercayaan rakyat terhadap partai politik akan semakin menurun.

Sementara itu, Ismail Bahudin mantan ketua pengurus Anak Cabang Kabupaten Lembata yang akhirnya terdepak dari kepengurusan pac Buyasuri membenarkan bahwa ada dinamika kepentingan

Sy tidak sedang menuding siapapun tapi yang terasa hari ini di DPC Demokrat Lembata ada hal yang kurang. Pergantian dan pergeseran pengurus itu wajar tapi semoga tidak sampai menciderai nilai nilai demokrasi dan merugikan partai Demokrat itu sendiri.

Baca juga ;Konsolidasi Benahi Struktur Partai Demokrat Lembata Siap, Selenggara Muscab Pemilihan Ketua DPC Demokrat Lembata.

Demokrat secara nasional sedang mengumpulkan kembali energi yang tercecer akibat gangguan segelintir elit secara tau dan mau.

Lantas apa alasan sehingga saya digeser dari kepengurusan PAC Buyasuri? Apakah karena kiblat saya tidak sesuai harapan untuk mendukung salah satu calon? Janganlah begitu karena peran kita sama untuk membesarkan partai Demokrat. Utai Ismail.

baca juga ; Partai Demokrat Lembata Rapatkan Barisan Hadapi Verifikasi Parpol dan Muscab. Demokrat Siap Menang 2024

Demokrat NTT, Kuda Hitam Dari Timor Siap Menangkan Pemilu 2024

Ismail mengatakan dirinya punya beberapa catatan kritis selama kepengurusan DPC di periode ini. Lanjutnya bahwa dana partai misalnya selama ini tidak ada pertanggung jawaban secara transparan dan akuntabel. Ia juga menyayangkan sikap pengurus DPC yang diduga ikut bermain tidak mengindahkan instruksi DPP dengan no.05 /INT/DPP. PD/11/2022, yang pada poin 2 jelas menekankan DPD agar memperpanjang SK PAC yang telah habis namun masih aktif. Ia juga menyampaikan bahwa diri masih aktif sebagai ketua PAC PD kecamatan Buyasuri yang sah namun, ia mempertanyakan kenapa usulan dari fraksi tidak diakomodir? ada apa dengan semua ini tanyanya.?

Dugaan saya ini adalah skenario untuk menghindari pertanggung jawaban kepengurusan selama lima tahun berjalan dan juga soal dana pembinaan partai selama ini tidak jelas pengelolaannya maka digantilah orang orang baru agar tidak mampu mengevaluasi kepimpinan selama lima tahun terakhir. Padahal pentingnya evaluasi itu demi memberikan catatan kritis agar dapat memberikan masukan bagi kepimpinan yang baru dan partai politik agar bisa menghadapi pemilu yang akan datang dengan lebih baik lagi.

harap kami agar DPP melakukan pengawasan menyeluruh agar dugaan keterlibatan oknum- oknum yang menyetel SK PAC sesuka hatinya untuk mengamankan kepentingan tertentu menjelang muscab yang dapat merusak citra PD.

By mediasurya .com

Ungkap Realita Sosial

3 thoughts on “Yoan Lucano, ; “Jangan Nodai Perjuangan Dan Lukai Partai Demokrat Lembata””
  1. What i don’t realize is actually how you are not really much more well-liked than you may be right now. You’re very intelligent. You realize therefore significantly relating to this subject, made me personally consider it from numerous varied angles. Its like men and women aren’t fascinated unless it is one thing to accomplish with Lady gaga! Your own stuffs great. Always maintain it up!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *