Ming. Apr 28th, 2024

Pemda Flotim Buka Empat Posko Pendaftaran Peserta Prosesi Laut Tuan Meninu Di Larantuka

By media surya.com Apr 4, 2023

Mediasurya.com,Larantuka_, Salah satu rangkaian Kegiatan Semana Santa di Larantuka Kabupaten Flores Timur adalah prosesi laut Tuan Meninu (Peti Berisi Kanak Yesus) diarak melalui laut.

Baca juga ; Kontrak TJPUP Dihentikan, Angka Pengangguran Di Flores Timur Meningkat

Di Forum RKPD 2024, Marsianus Jawa Penjabat Bupati Lembata Ajak OPD Fokus Pada Delapan Prioritas Pembangunan

Sejak dulu prosesi laut ini berlangsung, ribuan umat katolik pesiarah bakal memenuhi pantai kota sau dan rewido dengan busana hitam tanda perkabungan mengikuti ritus religi ini. Pesiarah yang mengikuti prosesi akan menaiki perahu yang telah disipakan melintasi selat gonsalu menuju Pante kuce, Kelurahan Larantuka.

Dinas Perhubungan Flores Timur sudah mendata seluruh pemilik kapal yang diperuntukan bagi peziarah mengarak Yesus Tersalib dari Taman Doa Tuan Meninu.

Seperti dilansir nttmediaexpres.com, Kepala Dinas Perhubungan Flores Timur, Yitno Wada, dalam rapat Persiapan Semana Santa di Aula Setda Flores Timur, mengatakan pihaknya membuka posko pendaftaran di pelabuhan laut Larantuka, pelabuhan feri, pelabuhan PPI amagarapati, dan pelabuhan Pantai Palo.

“Ada empat titik posko pendaftaran. Kita sudah buka sejak Senin 3 Maret 2023,” katanya.

Ia mengatakan, semua armada laut akan diberikan tanda berupa bendera warna merah agar memudahkan petugas melakukan pengawasan dan pengendalian.

“Sudah ada kesepakatan antara dinas perhubungan, pemilik kapal dan perahu, juga pihak syabandar,” katanya.

Setiap armada dibatasi sesuai kapasitas muatan sehingga tidak terjadi insiden-insiden fatal seperti yang pernah terjadi di tahun-tahun sebelumnya.

“Kalau yang menggunakan kapal yang ukurannya seperti Tobilota dan Wailebe, kapasitas angkutnya maksimal 20 orang. Sementara armada Pantai Palo 10 orang,” tutupnya.***

By media surya.com

Ungkap Realita Sosial

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *