Karang Taruna Dan Sangar Seni Nuba Telo Desa Pepak Geka Adonara, Angkat Tarian Lebe Yang Nyaris Punah.

Mediasurya.com,Adonara_ Tarian Lebe merupakan tarian yang biasa dipentaskan saat ada tamu kehormatan yang datang dan biasanya disandingkan dengan Tarian Hedung. Baca juga ; Terkait Pungutan 500 Ribu Untuk Seminar Budaya Dan Pekan Seni Budaya, Kadis Pendidikan Lembata Akui Dirinya Nyaris Terjebak

Para anak muda yang berwadah di Karang taruna dan Sanggar seni Nuba Telo dari Desa Pepak Geka memilih tarian lebe yang nyaris punah ditelan jaman. Generasi muda saat ini hampir sudah tidak mengenal jenis tarian ini. Dengan adanya moment Festifal Budaya Lamaholot, yang kami pernah gelar di Desa Pepak Geka, Adonara Flores Timur. Anak Muda sengaja memilih tarian ini agar kembali dipentaskan  oleh masyarakat dan sebagai sarana pelestarian tarian Lebe. Ungkap Anton Bisa.

Sanggar Seni Nuba Telo pernah mengadakan Festifal Budaya Lamaholot khususnya Adonara’ dengan melibat para penari yang di kenal dengan Hedung sedaratan Adonara. Juga kegiatan Kain nya Sole Oha. Untuk itu Sanggar Binaan kami ini juga siap pentas di mana pun.
Harapan kami Pemerintah khususnya Dinas Pariwisata dan kebudayaan, bisa membimbing dan bisa mengfasilitasi agar sanggar Nuba Telo Desa Pepak Geka dengan tarian lebe ini bisa kenal lebih jauh. Anton.

Sanggar Seni Tari ini menjadi wadah penyaluran minat bakat dan talenta orang muda desa Pepageka dalam bidang Seni Budaya.
Nama Nuba Telo itu sendiri berasal dari dua suku kata yang mengambil kata dari ranah Adonara. Yaitu, “Nuba” dan “Telo”. NUBA TELO ini menggambarkan TIGA KEKUATAN utuh dalam tatanan budaya Desa Pepageka. Dan menjadi kekhasan Desa Pepageka.
Untuk saat ini aktivitas sanggar seni tari berfokus pada Tarian Hedung dan Tarian Lebe. Dan dalam rencananya akan menggali kekayaan seni tari lainnya untuk dikembangkan dalam bentuk aslinya maupun tarian kreasi. Aktivitas latihan sampai pertunjukan dilakukan guna mempertahankan kekayaan budaya warisan leluhur. Baca juga ; Gerakan Jaga Air Dan Alam (GEJALA). Pompa Hydram Program Kepedulian Pangdam IX Udayana, Untuk Desa Kolipetung Adonara Di Resmikan.

Sanggar seni tari ini boleh dikatakan masih baru karena dibentuk serentak dengan pengukuhan kepengurusan Karang Taruna Nuba Telo desa Pepageka pada 26 Desember 2021 lalu.

mediasurya .com

Ungkap Realita Sosial

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.