Sen. Apr 29th, 2024

Penjabat Bupati Lembata Minta ASN Perangi Penyakit Menular

By media surya.com Nov 30, 2023

Lembata,MediaSurya.Com – Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Lembata Drs. Matheos Tan, M.M, membuka secara resmi kegiatan Rapat Kemitraan Lintas Sektor dalam pencegahan dan penanggulangan penyakit menular AIDS, Tuberkulosis dan Malaria (ATM) di Kabupaten Lembata.

Baca juga ; Komisi Perwasitan Askab Lembata Tarik Semua Hakim Lapangan, Nasib Turnamen Sepak Bola Wanted Cup V Diujung Tanduk?

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Dinas Kesehatan (Adinkes) itu, dihadiri juga oleh Kepala Balitbangda Provinsi Nusa Tenggara Timur yang diwakili oleh Kepala Bidang Infrastruktur dan Perencanaan Efri Balo, S.H, Pimpinan OPD, perwakilan dari Instansi Vertikal, para Tokoh Agama, Masyarakat dan Perempuan, serta para peserta kegiatan lainnya.

Penjabat Bupati Lembata Matheos saat membuka kegiatan rapat Lintas Sektor di Aula Hotel Olimpic, Kamis (30/11/23), mengatakan, di lima tahun terakhir jumlah kasus penyakit menular di Kabupaten Lembata mengalami penurunan. Sekalipun mengalami penurunan jumlah kasus di Kabupaten Lembata, bukan menjadi acuhan keberhasilan kita. Karena bagi, Pj. Bupati Matheos, banyak faktor dapat mempengaruhi penurunan jumlah kasus yang terjadi.

“Data yang saya dapat lima tahun terakhir dari tahu 2017 s/d 2023 ada penurunan. Pertanyaan saya, apa penurunan ini benar diperiksa atau tidak.? Masyarakatnya proaktif untuk melakukan pemeriksaan diri atau tidak.? Faktor-faktor ini juga mempengaruhi penurun jumlah kasus”, ujar Pj. Bupati Matheos.

Untuk itu, Sambung, Pj. Bupati Lembata Matheos, berencana melakukan pemeriksaan penyakit menular ATM di seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Lembata bulan Januari 2024. Hal itu dilakukan, mengingat tugas seorang ASN adalah pelayan publik yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, serta meminimalisir pasien atau penderita yang belum terdeteksi.

kesehatan, memfasilitasi mendorong pemerintah kabupaten /kota untuk memprioritaskan program, dengan mengalokasikan anggaran dalam dokumen perencanaan.

Tambah Sidik, perlu diketahui bahwa penanganan tiga penyakit menular tersebut bukan hanya menjadi tanggungjawab Dinas Kesehatan saja, namun semua pihak, lintas sektor dalam mempercepat eliminasi ATM dimaksud. (Diskominfo Lembata)

By media surya.com

Ungkap Realita Sosial

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *