Jum. Mei 17th, 2024

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unwira Kupang Terapkan Proses Belajar yang Menarik di Lokasi Car Free Day Jalan Eltari Kupang

By media surya.com Mei 2, 2024

Kupang, MediaSurya.Com – Mahasiswa Program studi Ilmu Komunikasi Unwira Kupang menerapka proses pembelajaran yang menarik yaitu membuat dan mempromosikan produk langsung ke lapangan. Kegiatan ini terjadi pada Sabtu 20 April 2024 bertempat di Jalan Eltari Kupang ( lokasi CFD) pukul 05.00-Selesai.

Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan strategi komunikasi pemasaran (marketing communication) dengan cara memproduksi, mempromosikan, dan menjual produk.

Dari strategi yang telah terencana, diharapkan dapat mempengaruhi persepsi konsumen sehingga produsen memperoleh untung sebesar-besarnya dengan modal sekecil-kecilnya.
Segala sesuatu dalam kegiatan ini dipersiapkan secara matang yaitu dengan pembagian 2 kelompok besar. Kemudian masing-masing kelompok mengadakan beberapa kali pertemuan mulai dari pembentukan divisi, pembagian tugas,dan berpuncak pada penjualan produk di lokasi CFD. Saat proses persiapan, masing-masing kelompok melalukan analisis berkaitan dengan strategi pemasaran yang akan diterapkan, interaksi dengan berbagai karakteristik konsumen,promosi,serta rincian modal hingga keuntungan.

Kegiatan ini berjalan hampir 95% baik dan sesuai rencana yang telah dipersiapkan. Semua divisi bekerja sesuai tugasnya dan semua anggota kelompok kompak. Namun masih terdapat sedikit kekurangan yaitu sebagian besar anggota kelompok belum tepat waktu, ujar Vincentia salah satu mahasiswa ilmu komunikasi yang terlibat dalam kegiatan ini.

Saat di lokasi kegiatan, para mahasiswa terlihat sangat antusias dalam mempromosikan produk yang dijual. Terlihat sebagian bertugas menjual langsung di stand produk ,sebagian berkeliling di lokasi CFD untuk menawarkan produk,sebagian lagi bertugas mengantar orderan yang di pesan secara online. Sisanya stand by di lokasi untuk mengatasi segala kekurangan yang mungkin terjadi.
Proses jual beli produk ini berlangsung sekitar 2-3 jam dengan hasil yang memuaskan. Semua produk yang dihasilkan laku terjual. Kemudian kegiatan ini ditutup dengan evaluasi bersama lalu melaporkan hasil kegiatan ini dalam bentuk makalah yang akan di kumpulkan serta dipresentasikan kepada dosen mata kuliah.

Vincentia E. Fernandez
Mahasiswi Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Widya Mandira Kupang

By media surya.com

Ungkap Realita Sosial

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *