Sab. Apr 27th, 2024

Pemancangan Tiang Tandai Pengembangan Pelabuhan Laut Lewoleba Mulai Dikerjakan

By media surya.com Apr 13, 2023

Mediasurya com,Lembata_, Proyek pengembangan pelabuhan laut Lewoleba mulai dikerjakan hal ini ditandai dengan seremonial pelaksanaan pemancangan tiang pada Rabu (12/4/2023),

Baca juga ; Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Lembata Gelar Kegiatan Bertajuk Keceriaan Ramadhan

KPU Lembata Tetapkan 105.042 Orang Dalam Daftar Pemilih Sementara

Penjabat Bupati Lembata Marsianus Jawa bersama Forkopimda Kabupaten Lembata, pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Lembata, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Polres Lembata –KPPP LAUT, POL AIRUD, Angkatan Laut, Koramil 1624 – 03 Lewoleba, PT PELNI serta perusahaan pelayaran. Para tokoh adat, tokoh masyarakat ikut menyaksikan seremonial pemancangan tiang pengembangan pelabuhan laut Lewoleba itu.

Capt. Desmon S. Menno, M.M., M.Mar., Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Laut Kelas III Lewoleba dalam sambutannya, mengatakan bahwa paket pelelangan pekerjaan ini oleh Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, dengan sumber dana dari APBN dalam waktu 320 hari kalender.

Deamon menjelaskan bahwa, pekerjaan akan mencapai target yang direncanakan dimana pekerjaan struktur akan disesuaikan dengan luas dan juga rencana pengembangan pelabuhan laut Lewoleba.

Penjabat Bupati Lembata, Drs. Marsianus Jawa, M.Si., menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dari seluruh anggota DPRD Kabupaten Lembata dan juga KUPP Kelas III Lewoleba. “Sehingga pelabuhan kita yang sudah lama dan memprihatinkan ini dapat secepatnya dibangun dengan baik,” ujarnya.

Ia menguraikan, pelabuhan Lewoleba – Lembata merupakan pelabuhan terakhir. “Artinya, apakah ini ada dampak dari masalah yang telah kita hadapi. Tentunya rekondisi pelabuhan laut yang ada segera dibangun sehingga pengembangan daerah ini akan berkembang pesat dan lebih maju dari daerah lainnya.”

“Ada pemandangan buruk yang saya lihat soal bangkai kapal yang masih terlihat menumpuk, sehingga bisa ditertibkan agar areal ini ditata dengan baik,” harap Bupati Jawa.

“Saya mohon dukungan dari semua pihak baik Pemerintah maupun lembaga DPRD serta masyarakat Lembata dalam pembangunan kegiatan Pelabuhan Laut Lewoleba,” imbuh Bupati Jawa

Dalam konferensi pers Rabu (12/4/2023) petang di pelataran pelabuhan laut Lewoleba, KUPP Kelas III Lewoleba Capt. Desmon menyampaikan, untuk dokumen soal penyerahan pelabuhan Lewoleba semua berkas sudah ditandatangani. Sehingga tahapan ini bisa berproses sampai ke pembangunan.

Menurutnya, wilayah Kabupaten Lembata merupakan urutan kedua terbaik pendaratan kapal tol laut di Indonesia. “Sehingga akan sangat berdampak roda ekonomi di wilayah ini secara cepat dan pesat apalagi pelabuhan kita segara dikerjakan dengan standar yang sangat baik dan dampaknya akan dirasakan oleh masyarakat Lembata dan pasti volume kapal akan bertambah banyak.”

“Untuk pekerjaan pelabuhan ini terhadap penyerapan tenaga lokal akan tetap diberdayakan,” tambah Desmon.

Untuk proses debarkasi dan embarkasi di pelabuhan laut Lewoleba akan tetap berjalan seperti biasanya. Tentunya dengan mengatur skema yang ada, mengingat sesaat lagi akan ada arus mudik Lebaran.

Sementara, Ketua DPRD Kabupaten Lembata, Petrus Gero menyatakan bahwa dalam dekade 42 tahun kita boleh menyambut baik atas pekerjaan ini. “Saya pikir kita boleh menyambut baik dan bergembira karena sarana publik ini akan dikerjakan dengan baik dan penuh tanggungjawab karena pelabuhan adalah pintu masuk bagi semua orang yang akan datang di Kabupaten Lembata,” ujarnya.

“Dengan kondisi pelabuhan kita yang ada akan mendapatkan sumber anggaran dari APBN yang sangat besar itu akan sangat memberikan dukungan kepada masyarakat Lembata.”

“Sebagai anggota DPRD dan wakil rakyat tentunya ini menjadi harapan besar bagi kita semua untuk memberikan dukungan. Sehingga seluruh proses pembangunan pelabuhan bisa berjalan aman, lancer, tanpa ada halangan hingga sukses, hingga dapat dinikmati oleh masyarakat Lembata,” tandasnya. Penjabat Bupati Lembata, Marsianus Jawa menambahkan, sebelum mengakhiri masa jabatannya di Kabupaten Lembata tentunya ini sebagai kado serta hadiah bagi ribu ratu masyarakat Lembata tercinta.

By media surya.com

Ungkap Realita Sosial

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *