Sab. Apr 27th, 2024

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Lembata Gelar Kegiatan Bertajuk Keceriaan Ramadhan

By media surya.com Apr 13, 2023

Mediasururya.com,Lembata_, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP) Kabupaten Lembata melalui Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial menggelar kegiatan bertajuk Keceriaan Ramadhan bersama Fatayat NU Kabupaten Lembata dengan menghadirkan 30 anak dari TPA Ibnu Sina Lewoleba. Kegiatan ini dilaksanakan di Auditorium DKP, Selasa,11/04/2023.

Baca juga ; KPU Lembata Tetapkan 105.042 Orang Dalam Daftar Pemilih Sementara

Dermaga Laut Lewoleba Dibenahi, Syahbandar Minta Dukungan Masyarakat Lembata

Kegiatan ini sebagai wujud dari Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial dengan strategi peningkatan kualitas layanan, pelibatan masyarakat dan advokasi (lobi, promosi dan kemitraan) bersama Fatayat NU yang merupakan organisasi wanita islam dan sebagai lembaga otonom di lingkungan Nahdlatul ‘Ulama.

Keceriaan ramadhan ini diwarnai dengan mengaji asyik, tausiyah tentang makna dan hikmah dari puasa ramadhan dan buka puasa bersama.

Plt. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lembata, Yohanes Berchmans Dai Wutun dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa melalui kegiatan pengembangan perpustakaan ini, DKP dapat bermitra dengan Fatayat NU sebagai wujud harmoni antara literasi dan toleransi.

“Ramadhan sebagai momentum perubahan positif dalam diri, keluarga dan sekitar, semoga melalui kegiatan ini dapat menambah semangat berliterasi dan memupuk toleransi dalam menjalankan ibadah dibulan suci ramadhan” pesan Yohanes.

Ketua Fatayat NU Kabupaten Lembata Damayanti dalam sambutannya mengatakan bahwa melalui kegiatan ini dapat memberi manfaat diantaranya adalah mengajarkan anak untuk mengenal Al-Quran, mengenalkan surah pendek yang mudah dipahami dan dihafal, mengajarkan anak tentang doa –doa ramadhan seperti doa buka puasa, doa sahur dan doa terawih. Selain itu juga mengajarkan anak untuk berpuasa yang benar dan menanamkan nilai kesabaran ,kedisiplinan dan ketekunan.


“semoga kerjasama ini terus berlanjut karena merupakan bagian dari literasi dan mengajarkan nilai keagamaaan sejak dini” harap Darmayanti.

Turut hadir memantau kegiatan tersebut Fransiskus Belawa yang adalah Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, menurut Frans melalui kegiatan ini anak-anak dapat menumbuhkan minat baca untuk menambah pengetahuan keagamaan dan pengetahuan lainnya.



Sadam Kamarudin selaku Person In Charge (PIC) atau penanggungjawab Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Kabupaten Lembata mengaku bangga karena melalui kegiatan ini masyarakat bisa mengunjungi perpustakaan dan memanfaatkan perpustakaan sebagai tempat berbagi keceriaan mulai dari mengaji asyik, tausiyah tentang makna dan hikmah dari puasa ramadhan dan buka puasa bersama.
Penulis: Ignasio Mariano Riangtoby Pustakawan di Dinas Kearsipan Perpustakaan Kabupaten Lembata)

By media surya.com

Ungkap Realita Sosial

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *