Kepala BPN Lembata, Edward Tuka Ingin Di Lembata Ada Desa Model Agraria.

Mediasurya.com,Lewoleba- Kepala Badan pertanahan Nasional Kabupten Lembata, Edward M Y Tuka dalam sebuah pertemuan bersama awak media belum lama ini mengatakan, pihaknya sedang melakukan pembaharuan dan digitalisasi dokumen tanah namun demikian, dirinya berharap akan ada desa model agraria di Lembata.

Baca juga : Kukuhkan Panitia Ajudifikasi, BPN Lembata Menuju Sertifikasi Digital

Ini momen kami lakukan penatatan tanah lengkap, semua tanah wajib didaftarkan. Satu pulau Lembata harus saya petakan tapi kita mulai dari kota,” ujar Eduward yang baru tiga bulan menjabat sebagai Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Lembata.

Dia merincikan, saat ini sudah 50 ribu bidang tanah yang terdata. Masih tersisa kira-kira 30 ribu bidang tanah yang harus didata dan dipetakan.

Baca juga ; Kader Demokrat Lembata Setia Pada AHY, Meski Partai Diterpa Isu Kudeta

Ini saat timnya harus bekerja keras untuk peningkatan kualitas data. Kendati demikian, dia mengakui kalau program ini tidak mungkin terwujud tanpa kerja sama, komunikasi dan partisipasi masyarakat.

“Kelurahan dan di desa kita mulai merayap dari RT ke RT untuk selesaikan, berapa kepemilikan tanah, sudah terdata, terpetakan atau belum. Pantang pulang sebelum terpetakan. Kalau ada yang belum terdata tolong sampaikan saya akan cek,” pintanya.

Baca juga ; Pemda Lembata Siapkan Anggaran Pemulihan Ekonomi Bagi Pelajar Terdampak Covid 19.

Pendataan dan pemetaan semua bidang tanah, kata dia, merupakan program dari pemerintah pusat yang harus tuntas dalam tempo waktu lima tahun terhitung sejak tahun 2017.

Program ini termuat dalam Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018.

Oleh sebab itu, Eduward sendiri menargetkan pada tahun 2025 semua bidang tanah di Lembata sudah didaftarkan.

“Semua fasilitas umum, fasilitas khusus, semua wajib didaftarkan. Jadi kami butuh partisipasi masyarakat juga,” pungkasnya. (MST)

mediasurya .com

Ungkap Realita Sosial

1,178 komentar pada “Kepala BPN Lembata, Edward Tuka Ingin Di Lembata Ada Desa Model Agraria.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.