Wabup Flotim Agus Boli, Lantik 110 pejabat Fungsional ;Jadilah pemimpin,tidak sekedar pejabat

Mediasurya.com,Larantuka_Wakil Bupati Flores Timur Agustinus Payong Boli,SH melantik 110 pejabat Fungsional pengawas TK,SD dan SMP dan para kepala sekolah TK,SD dan SMP se kabupaten Flores Timur pada hari kamis tanggal 20 Pebruari 2020 di aula setda Flores Timur.Wakil Bupati Flores Timur Agus Boli tiba di tempat pelantikan dan pengukuhan bersama sekretaris Daerah Flores Timur Paulus Igo Geroda, para asisten dan kepala dinas langsung dan langsung di lanjutkan dengan upacara pengambilan sumpah dan pengukuhan para pejabat tersebut.

Baca juga:

WISATA BUDAYA, MENJAGA TRADISI GUTI NALE DESA MINGAR

Dalam sambutannya Wabup Agus Boli menekan dua hal yakni, Leadership/ kepemimpinan dan Managerial jabatan seseorang.
Menurut Wakil Bupati, yang harus di kejar oleh para pejabat yang di lantik adalah Roh Kepemimpinan/leadership bukan sekedar jabatan Formalitas karena, Kepemimpinan berbeda dengan Jabatan. Lanjut Wabup Agus Boli, tidak semua pejabat itu pemimpin dan pemimpin sekalipun tidak menjabat tetap menjadi pemimpin karena kharisma keteladanannya. Pemimpin kadang berada di depan memberi teladan, kadang berada di tengah untuk menggerakan dan kadang, berada di belakang memberi dorongan motivasi demi jalannya sebuah roda organisasi untuk pencapaian tujuan bersama.
Wabup Agus Boli berharap para pengawas dan kepala sekolah menjalani kepemimpinan Transformasional -kharismatik yakni pemimpin yang mampu menggerakan, meneladani dan mempunyai motivasi yang kuat untuk menyiapkan jalan bagi semua elemen organisasi berjalan di dalamnya menuju ke kemajuan dan pencapaian harapan bersama. pemimpin kerja pokoknya hanya dua yakni sebagai “fasilitator dan dinamisator”.

Sebagai Fasilitator seorang kepala sekolah harus mampu menjembatani semua kepentingan dan menghimpunnya menjadi sebuah kekuatan bersama demi kemajuan sekolah dan sebagai dinamisator, kepala sekolah harus memiliki kompetensi menggerakan semua elemen sekolah baik kelembagaan, tenaga Pendidik l, tenaga kependidikan, peserta didik dan masyarakat yang terwakili dalam, orangtua/ wali dan Komite agar bekerja dan sama-sama kerja untuk kemajuan pendidikan di unit sekolah masing-masing.
Wabup juga ingatkan agar jika ada konflik interest selesaikan secara musyawarah mufakat kecuali kasus korupsi laporkan ke Inspektorat daerah untuk di audit atau juga ke aparat penegak hukum.
Dalam pidato akhir wabup mengatakan “pemimpin tidak memaksa orang mengikutinya,pemimpin hanya membuka jalan untuk orang-orang berjalan bersamanya.Jadilah pemimpin yang “problem solving”,sontak semua hadirin memberi aplaus meriah gemuruh di ruangan pelantikan.sm

Share

One thought on “Wabup Flotim Agus Boli, Lantik 110 pejabat Fungsional ;Jadilah pemimpin,tidak sekedar pejabat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *