Jum. Apr 26th, 2024

Program Perpustakaan Nasional Transformasi Berbasis Inklusi Sasar Empat Desa Di Lembata

By media surya.com Mar 1, 2023

Mediasurya.com,Lembata_, 4 Desa Di Lembata oleh perpustakaan Nasional RI dipilih Menerima Program Transformasi Berbasis Inklusi Sosial yang diharapkan dapat menjadi solusi cerdas pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi Covid-19.

Baca juga ;Kadis PUPR Lembata Sebut, Progres Fisik Pekerjaan Proyek Yang Dilaksanakan, PT. 51 Merdeka Dan CPJ, Lamban.

Dana Alokasi Umum Kabupaten Lembata Tahun 2024 Terancam Ditahan Bahkan Dipotong Jika Tak Selesaikan Urusan ADD

4 Desa yang disasar Perpustakaan Nasional RI dalam Program Transformasi Berbasis Inklusi Sosial diantaranya, Desa Riabao Kecamatan Nagawutung, Desa Pada Kecamatan Nubatukan, Desa Lamalera B Kecamatan Wulandoni dan Desa Leubatang Kecamatan Omesuri.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lembata Apolonaris Mayan didampingi Pustakawan Ignasio Mariano Riangtoby bersama 4 Kepala Desa yakni Zakarias Banin, Karolus Kopong, Matheus Gilo Bataona dan Maulana Doreng mengikuti Sosialisasi Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial 2023 yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional RI, di Grand Mercure Hotel Kemayoran, Jakarta, 27 Februari- 1 Maret 2023.

Sosialisasi ini mengusung tema transformasi Perpustakaan berbasis inklusi sosial untuk kesejahteraan, solusi cerdas pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi Covid-19.Sesuai hasil evaluasi program transformasi 2020-2021 efeketifitas program dengan skor 4,09 (skala 1-5) dengan kategori baik dengan biaya keuntungan rasio sebesar 2,30 setiap 1 (satu) Rupiah Cost yang dikeluarkan akan menghasilkan benefit atau keuntungan sebesar 2,30 rupiah.

Kegiatan ini mengundang segenap pengelolah perpustakaan, pegiat literasi dan masyarakat umum diseluruh Indonesia.


Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando dalam sosialisasi tersebut mengatakan bahwa literasi sesungguhnya adalah kedalaman pengetahuan seseorang terhadap suatu subyek keilmuan dan atau keahlian yang bersumber dari bahan bacaan atau akses informasi dan memiliki dampak kreatif untuk memproduksi barang dan jasa bermutu yang dapat dipakai untuk memenangkan persaingan global untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Apolonaris Mayan Kepala Dinas Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lembata dalam kesempatan tersebut mengharapkan 4 Desa yang terpilih sebagai penerima manfaat dapat bertransformasi demi kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Lembata.

Apolonaris yang akrab disapa Apol ini menjelaskan Desa terpilih memiliki beberapa kriteria yaitu Perpustakaan Desa dilampirkan dengan SK Pendirian Perpustakaan,Pengelola Perpustakaan Desa dilampirkan dengan SK Pengangkatan Pengelolah Perpustakaan dan adanya pernyataan komitmen dari Kepala desa untuk menjamin keberlanjutan Program Inklusi sosial.

Baca juga ; Bijak Menggunakan Handphone Dalam Literasi Digital

Pustakawan Ignasio Mariano Riangtoby kepada media mengatakan bahwa Kabupaten Lembata telah menjalankan program Transformasi berbasis inklusi sosial di Tahun 2022 dan melibatkan banyak mitra, di Tahun 2023 Kabupaten Lembata mengajukan 5 Desa tetapi yang terpilih 4 Desa

Baca juga ; Bahas Kebangkitan Digitalisasi UMKM Pasca Pandemi, Dirjen Aptika Kominfo Ngobrol Bareng Legislator

Menurut Ignasio Desa-Desa ini akan bekerja sama dengan Perpustakaan Kabupaten Lembata menjalankan program ini dengan beberapa instrumen penting yaitu peningkatan kualitas layanan Perpustakaan,pelibatan masyarakat dan Advokasi. Diharapkan dengan Strategi ini dapat menjadi ujung tombak keberhasilan pelaksanaan Program. ( Indah. P. Dewi)

By media surya.com

Ungkap Realita Sosial

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *