Jum. Apr 26th, 2024

Tuak Dan Kleruk Malor Menyapa Matheos Tan Saat Injak Kaki Di Lembata

By media surya.com Mei 27, 2023

Mediasurya.com,Lembata_, , Drs. Matheos Tan, MM tiba di bandara Wunopito, Lewoleba, Kabupaten Lembata, NTT, Jumat (26/5/2023) pagi pkl. 08.00 Wita dengan sambutan adat, budaya dan tradisi Lembata oleh tokoh adat setempat yang telah diwariskan para leluhur, sejak lama.

Baca juga ; Hedung, Sambut Kedatangan Matheos Tan Penjabat Bupati Lembata

Anggota Polres Lembata Amankan AG Dengan 1.350 Liter Solar Bersubsidi Di Kedang Bersama DN Operator SPBU Baleuring

Tuang tuak, kan keleruk malor dan isap tebako mewarnai perjumpaan dengan masyarakat Lembata digerbang bandara wunopito. Ia disambut tarian hedung dan gong gendang .

Tongkat komando Pemerintah Daerah Kabupaten Lembata telah diambil alih oleh nya dari Penjabat Bupati periode 2022-2023, Drs. Marsianus Jawa, M.Si menjadi bukti mandat itu telah diberikan pemerintah pusat untuk melayani ribu ratu.

Direktur Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa Kemendagri RI ini, telah ditunjuk oleh Presiden Jokowi untuk mengabdi dan berbuat baik bagi masyarakat Lembata. setelah mendapat mandat dari Presiden Jokowi, Kamis (25/5) di aula El Tari, Kupang, tepatnya pada pukul 09.00 Wita, Gubernur NTT, Victor Bungtilu Laiskodat telah mengambil sumpah janji putra kelahiran Ambon tersebut.

Kehadirannya di tanah Lepanbatan kemarin untuk menjalankan amanah Presiden Jokowi tersebut. Ia dan istrinya Sonya Sofia, S.Ikom tiba di bandara Wunopito menjadi sejarah baru di tanah Lembata, karena mereka berdua baru perdana menginjakkan kakinya di pulau Lomblen.

Lembata, negeri yang kaya akan tradisi adat dan budaya, kaya akan pesona wisata dan yang teramat penting memiliki segudang masalah seperti permasalahan stunting, HIV Aids, masalah BBM, kemiskinan ekstrim, perumahan kumuh, infrastruktur jalan, persoalan air bersih dan sanitasi serta masalah ketahanan pangan lokal dan investasi, menanti untuk segera ditangani oleh Penjabat Bupati Lembata, Matheos Tan dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lembata, Sonya Sofia.



Masyarakat berharap besar kehadiran Putra Ambon ini dapat melanjutkan program yang telah dirintis Penjabat Bupati sebelumnya, Marsianus Jawa yang selama satu tahun menjabat selaku memberi solusi bagi kehidupan masyarakat kecil.

Harapan itu mereka nantikan sehingga pantaslah ketika menjejakkan kakinya di tanah Lepanbatan, ia disambut dengan tarian hedung dan gong gendang yang ditampilkan dari sebuah sanggar tari di Kota Lewoleba.

Ia bersama Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lembata, Sonya Sofia, S.Kom dipakaikan kain Nowing dan Kwatek oleh Sekretaris Daerah, Paskalis Ola Tapo Bali dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Lembata, Maria Anastasia Bara Baje.

Pemandangan menarik juga terlihat saat mantan Pj Bupati Lembata, Marsianus Jawa bersama ibu Yoram Enggelina Koy diberi mandat mengenakan knobo (topi dari anyaman daun koli) dan sope (tas kecil dari anyaman daun lontar) serta memberikan wayak (Tempat siri pinang bersama isinya) kepada Matheos Tan dan Sonya Sofia sebagai simbol mereka berdua bukan lagi sebagai orang asing tetapi telah menjadi satu menjadi orang Lembata.



Sementara turut menyaksikan, Ketua DPRD Lembata, Petrus Gero, Wakil Ketua dan anggota DPRD, Unsur Forkopimda Kabupaten Lembata, ibu Kapolres Lembata, AKBP Dr. Josephien Vivick Tjangkung, S.Sos. M.Ikom, serta para Kepala OPD dan para Camat se-Kabupaten Lembata.

Baca juga ; Bawaslu Lembata Ingatkan Bacaleg Untuk Tidak Lakukan Promosi Diri Yang Melanggar Regulasi

Ia begitu terenyuh menyaksikan penyambutan yang begitu tak terduga. Ia pun lantas menyadari bahwa saya disini bukan orang asing tetapi saya datang di rumah saya sendiri. Saya merasakan bahwa masyarakat Lembata begitu menerima saya dan istrinya.

Setelah acara penjemputan, keduanya kemudian diarak menuju kantor Bupati Lembata guna perkenalan diri dan sekaligus tatap muka bersama Kepala OPD dan para Camat se-Kabupaten Lembata.

Dari kantor Bupati Lembata, sebelum menuju penginapan di Palm Indah Hotel, berdua kemudian diajak ke galery Dekranasda Kabupaten Lembata untuk melihat-lihat koleksi kain tenun khas daerah Lembata.



Setelah dari galery keduanya kemudian diantar oleh Sekda Lembata menuju penginapan di Palm Indah Hotel Lewoleba dan pada sore hingga malam hari, Pj Bupati Lembata bersama ibu Sonya Sofia menghadiri acara temu pisa dengan Penjabat periode 2022-2023, Marsianus Jawa dan ibu Yoram Enggelina Koy di halaman depan rumah jabatan Bupati Lembata.

By media surya.com

Ungkap Realita Sosial

Related Post

One thought on “Tuak Dan Kleruk Malor Menyapa Matheos Tan Saat Injak Kaki Di Lembata”
  1. After I originally left a comment I seem to have clicked the -Notify me when new comments are added- checkbox and now every time a comment is added I recieve four emails with the exact same comment. Is there a way you can remove me from that service? Many thanks!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *