Sab. Mei 4th, 2024

Membangun Komunikasi dalam Organisasi Ala Mahasiswa Unwira Kupang

By media surya.com Jun 14, 2023

Mediasurya.com,Kupang- Komunikasi merupakan aspek penting dalam proses pertukaran pemikiran, informasi, pengetahuan, dan ide.Sementara itu, Komunikasi organisasi adalah sebuah pengiriman dan atau pertukaran informasi dalam suatu organisasi, sehingga dapat membentuk arus informasi.

Baca juga ; Aktivitas Komunikasi Yang Efektif Dalam HMPS Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Widya Mandira Kupang

Mengenal Unwira Salah Satu Kampus Unggulan Di NTT

Adanya komunikasi organisasi dapat memunculkan jaringan informasi dalam organisasi tersebut. Universitas Katolik Widya Mandira Kupang memfasilitasi dan mendukung penuh semua organisasi kehasiswaan yang ada didalamnya baik organisasi minat dan bakat,ektrakulikuler,

ikatan suatu kelompok tertentu,serta organisasi intra kampus seperti SENAT Univertitas,Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS).

Organisasi-organisasi yang ada sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Manfaatnya antara lain; mengasah kemampuan mahasiswa,melatih sikap kepemimpinan pada mahasiswa,sebagai wadah berbagi pengalaman,melatih kekompakan,dan memahami posisi baik sebagai pemimpin maupun anggota.

Tujuan utama dari organisasi-organisasi ini adalah membentuk karakter mahasiswa agar nantinya menjadi lulusan yang berguna dan menunjukan kualitas didunia luar sehingga mengaharumkan nama Unwira.

“Sejauh ini saya sudah tergabung dalam beberapa organisasi minat dan bakat. Dan berniat untuk bergabung dalam organisasi intra kampus kedepannya untuk menambah pengalaman,” ujar Vincentia sebagai salah satu mahasiswa.

Dalam proses diskusi di aula FISIP Unwira, mahasiswa program studi ilmu komunikasi semester II diajarkan banyak aspek berkaitan dengan komunikasi organisasi. Tidak hanya secara teori tetapi juga ditantang untuk merealisasikan apa yang telah diajarkan.

Dosen mata kuliah komunikasi organisasi Pater Yoseph Riang, SVD, S. Fil, M.I.Kom mengatakan, “ Adik-adik perlu membangun relasi dan komunikasi yang baik dengan berorganisasi. Kalau hanya datang kuliah lalu pulang tanpa mencoba sesuatu yang baru sama saja percuma.”

Jadi komunikasi organisasi perlu dibangun dengan efektif dan efisen. Memahami dan mempraktikkan komunikasi organisasi dengan baik akan membawa organisasi pada jalan kesuksesan.

Vincentia E. Fernandez
Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Katholik Widya Mandira Kupang

By media surya.com

Ungkap Realita Sosial

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *