Budidaya Pala Trobosan Yosep Blida, Penjabat Kepala Desa Doripewut.

Budidaya Pala Trobosan Yosep Blida, Penjabat Kepala Desa Doripewut.

MEDIASURYA.COM,ATADEI_Upaya meningkatkan ekonomi masyarakat, Yosep Blida Penjabat Kepala Desa Doripewut Kecamatan Atadei bekerjasama dengan dinas Pertanian tanaman pangan kabupaten Lembata, menanam 2000 anakan pala di lahan pertanian desa tersebut.

Blida penjabat Kepala desa Doripewut kepada media ini (29/8/2020) mengatakan, memanfaatkan dana desa tahun anggaran 2019 sebesar 70an juta, agar setiap keluarga memperoleh 15 buah anakan pala untuk di tanam di lahan milik pribadi.
Blida mengatakan, alam kami di lewaji sebutan untuk desa Doripewut sangat subur, dan cocok jika ditanam pala. Tanaman rempah ini, jika dirawat secara bagus bisa dipanen dalam 2 atau 3tahun ke depan, ucap Blida.

Baca juga ; https://www.mediasurya.com/2020/08/17/paskal-udak-terimakasi-kepada-bupati-lembata-yang-mendukung-revolusi-pertanian-desa-belobatang/


Digambarkan guru matematika ini bahwa, saat ini desa Doripewut sudah punya, BUMDes yang siap memasarkan hasil bumi ini.
Kami juga berencana menggabungkan 4 BUMDes, yang berada di jalur tengah Atadei yakni BUMDes desa Lebaata, Nogodoni, Ilekerbau, dan Doripewut, untuk menampung hasil kebun rakyat.


Dikatakan Yosep untuk sementara ini, pihaknya bersama beberapa desa tetangga, fokus ambil advokat karena, dalam perencanaan kita kerjasama dengan pengusaha dari Makasar.
Kami juga coba bangun komunikasi dengan, berbagai elemen untuk tata kelola pemasaran dan metode pengawetan.
Selama ini hasil advokat dari empat desa di atadei ini bisa menghasilkan puluhan ton setiap musim panen. Ungakap sang pejabat, bahwa pemikiran ini guna manfaatkan tol laut yang ada.

Baca juga ; https://www.mediasurya.com/2020/08/11/peternak-babi-boleh-tersenyum-lembata-bebas-asf-dan-hog-cholera/

Dikatakan Penjabat kades ini bahwa, desa Doripewut, saat ini sudah diterangi listrik PLN, juga mendapat BTS untuk sambungan telp seluler, rumah layak huni dan BUMDes sudah bergerak dengan satu usaha yakni jasa angkutan dimana tahun 2019 lalu sudah, dilakukan bagi hasil dengan desa.

Penjabat desa Doripewut ini mengatakan, bahwa sudah sepakat dengan tiga desa disekitar untuk patungan melakukan rabat jalan pada segmen kritis di jalur tersebut.sm

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *