Tak Hanya Beri Penguatan Terhadap Warga Terdampak Erupsi, Bupati Sunur Juga Ingatkan Warga Soal Penyebaran Covid 19 Yang Semaki. masif

Tak Hanya Beri Penguatan Terhadap Warga Terdampak Erupsi, Bupati Sunur Juga Ingatkan Warga Soal Penyebaran Covid 19 Yang Semaki. masif


Mediasurya.com,Lewoleba- Bupati Lembata, Eliazer Yentji Sunur, Selasa (12/1/2021), memberikan penguatan kepada warga untuk tabah menjalani bencana erupsi Gunung Ile Lewotolok, namun tidak lupa melakukan langkah-langkah pencegahan penyebaran wabah Covid-19 yang semakin masif.

Baca juga ; Difabel Desa Mingar Belajar Membuat Stik Kelor dan Keripik Ubi Ungu Pemdes Beri Ruang UKM Difabel

“Kita tidak menghendaki ada sesuatu yang buruk terjadi. Kita lihat keadaan seperti apa, bisa diatur langkah-langkah apa persiapan kita. Kita juga minta Tuhan dan Leluhur menjaga dan mengawasi setiap usaha dan perjuangan kita,” ujar Bupati Sunur di Desa Waimatan, Kecamatan Ile Ape Timur.

Bupati Sunur dalm kesempatan berbicara dengan warga Di Desa Waimatan menandaskan, hingga saat ini sudah 90 warga Lembata terpapar Covid-19. 2 pasien meninggal dunia.

Baca juga ; Keluarga MYSL, Pasien Covid 19 Yang Meninggal Sesali Sikap Manajemen RSUD Lewoleba.

“Jangan main-main dengan Covid-19. Ini sudah 90 lebih terpapar, meninggal 2 orang. 1 dikubur dengn protokol kesehatan. Bagaimana protokol penguburan, kemarin ada tarik ulur. Sekarang aturan boleh dimakamkan di pemakaman umum, tidak ada lagi tunggu opo lake. Semua diambil alih oleh negara. Saya minta tolong jaga. Ini sudah 10 bulan, Covid-19 melanda Indonesia tapi belum juga meredah.” ujar Bupati Sunur.

Bupati Sunur berjanji Vaksin Covid-19 akan diatur. Sebab ada pembatasan. Dikatakan, rata-rata yang kena diabetes, gula darah 3 bulan terakhir, sesak napas dan yang reaktif tidak boleh di vaksin.

Baca juga ; Ternak Babi Di Lembata, Terdata 443 Yang Mati Karena ASF

“Jangan pikir, vaksin untuk semua. Vaksin tidak menjamin bebas dari Korona. Pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan. Pemerintah bisa kendalikan Covid-19 atas bantuan dan kerjasama seluruh warga. Ini tidak main-main,” tandasnya.

Bupati Sunur mengingatkan warga tentang meluasnya transmisi lokal. Karena itu, Bupati meminta warga menjaga Ketahanan fisik agar kuat dan bisa menghadapi cobaan. “Pikiran harus benar-benar positip,” ujar Bupati Sunur

Bupati juga menginstruksikan seluruh Desa di Kecamatan Ile Ape Timur dan Ile Ape, eks pengungsi erupsi Ile Lewotolok mengaktifkan kembali Pos Kamling guna mengantisipasi peneyebaran wabah Covid-19 dan mengantisipasi erupsi Gunung Ile Lewotolok. (Ms/humaspemdalembata)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *