Sen. Apr 29th, 2024

Julie Sutrisno kembali Beri Bantuan Alsintan untuk Petani Lembata

By media surya.com Okt 3, 2023

Lewoleba,MediaSurya.Com – Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai NasDem Julie Sutrisno Laiskodat kembali memberikan perhatian bagi para petani di Kabupaten Lembata. Kali ini, Julie Sutrisno Laiskodat memberikan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) berupa traktor roda empat (1 unit), traktor roda dua (2), pompa air (4), motor roda tiga (1), dan sejumlah handsprayer, serta UPPO satu unit.

Baca juga ; Diduga Lakukan Pemerasan Dan Penggelapan Barang Milik Nasabah, PT.BPR Bina Usaha Dana Larantuka Penuhi Panggilan Penyedik

Restorasi Justice Tidak Ditanggapi Kapolres, Pengacara PL ASN Asal Lembata Yang Ditangkap Karena Dugaan Narkoba Ajukan, Praperadilan Ke PN Larantuka

Bantuan diserahkan di kantor Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Lembata, Selasa (3/9)2023).

Hadir pada acara penyerahan bantuan alsintan para ketua ketua kelompok penerima bantuan, Kepala Bidang Prasarana, Sarana dan Penyuluhan Pertanian (PSP) Jack Sumarjo, dan Bendahara DPD Partai NasDem Lembata Hiero Bokilia, para penyuluh dan staf Dinas Pertanian Tanaman Pangan.

Kabid Prasarana, Sarana dan Penyuluhan Pertanian Jack Sumarjo pada kesempatan itu mengatakan, bantuan aspirasi ibu Julie Sutrisno Laiskodat melalui Kementerian Pertanian dan di Kabupaten ada di Dinnas Pertanian. Tanggung jawab teknis ada di bawah dinas di Bidang PSPP.

Dikatakannya, untuk menerima bantuan ini, prosesnya cukup panjang. Pertama terlebih dahulu dilakukan identifikasi calon penerima dan calon lokasi (CPCL). Proses identifikasi ini kolaborasi dinas dan pengurus Partai NasDem Lembata .

Setelah CPCL ditetapkan dan diusulkan anggota DPR RI ke Kementerian Pertanian, lalu dibuatkan SK kelompok penerima.

“Jadi tidak serta merta terima dan selesai. Setelah SK siap, kirim ke Kementan untuk proses lelang untuk pengadaan,” terang Jack Sumarjo.

1

Tahun ini, lanjutnya, Lembata banyak mendapatkan bantuan. Ia merincikan, bantuan Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO) senilai Rp200 juta di Omesuri, jalan usaha tani (JUT) senilai Rp100 juta di Labalimut, rehabilitasi jaringan irigasi Waikomo.

Selain itu terdapat bantuan alsintan berupa traktor roda empat (1 unit), traktor roda dua (2), pompa air (4), motor roda tiga (1), dan sejumlah handsprayer.

Ia mengatakan, dinas akan terus memantau dan akan meminta foto laporan penggunaan alat dan akan turun monef untuk memantau.

“Tidak boleh dipindahtangankan kepada siapa pun. Karena ada yang datang terima ketua pulang bilang milik pribadi. Ini milik kelompok pakai sama-sama
Rawat dan jaga. Jangan sampai hanya karena pengelolaan tidak bagus hanya baut satu jatuh tidak bisa beli lagi,” tegasnya.

Dia menambahkan, jika dalam keseharian tidak dimanfaatkan akan direlokasikan ke kelompok lain. Prinsipnya asas manfaat agar jangan sampai mubazir.

Sementara itu, Bendahara DPD Partai Nasdem Lembata Hiero Bokilia di hadapan penerima mengharapkan agar bantuan alsintan yang telah diperjuangkan Bunda Julie Sutrisno Laiskodat dapat dimanfaatkan secara baik untuk meningkatkan produksi pertanian

“Jangan sampai sebelum ada bantuan alsintan produksi dua tiga karung lalu setelah dapat alsintan, hasilnya masih tetap sama. Minimal ada peningkatan,” kata Hiero Bokilia.

Ia juga berharap, para ketua dan anggota kelompok penerima bantuan selalu mengingat perjuangan Bunda Julie dalam mendatangkan bantuan dimaksud dn terus memberikan dukungan agar ke depan, Bunda Julie terus memberikan perhatian kepada petani dan nelayan di Lembata.

Ketua Kelompok Tani Tore Erung Wilhelmus Leu, penerima bantuan traktor roda empat menyampaikan terima kasih kepada Bunda Julie Sutrisno Laiskodat atas perjuangan dan bantuan kepada petani di Lembata.

“Bantuan Ibu Julie jadi inspirasi bagi kami dan kelompok tani untuk terus memberikan dukungan kepada Ibu,” katanya.

Ia berjanji, akan memanfaatkan traktor bantuan secara baik agar bisa meningkatkan hasil pertanian ke depan.

  1. ↩︎

By media surya.com

Ungkap Realita Sosial

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *