Bupati Hadjon, “Terkait Kebersihan, Semua Kita Punya Tanggungjawab Menjaga Kota Ini”

Bupati Hadjon, “Terkait Kebersihan, Semua Kita Punya Tanggungjawab Menjaga Kota Ini”

Mediasurya.com-Larantuka- Upaya pemerintah daerah kabupaten Flotim untuk menjaga kebersihan dan keasrian kota Larantuka terus di maksimal, hal ini ditandai dengan bedirinya gedung daur ulang sampah di desa lamawalang kecamatan Larantuka.


Langkah nyata pemerintah ini patut mendapatkan apresiasi, karena gedung daur ulang sampah tidak berdiri sendiri namun, semua peralatan untuk mendaur ulang sampah telah terisi dan tinggal di operasikan.

Baca juga ;https://www.mediasurya.com/2020/10/24/kepala-bpbd-flotim-talud-pengaman-pantai-juga-berfungsi-sebagai-ruang-terbuka-hijau/


Bupati Flotim Antonius Gega Hadjon usai meresmikan rumah daur ulang sampah (22/10/2020) kepada media mengatakan, untuk mencapai kebersihan itu tidak mudah karena, ini terkait kesadaran manusia.


Hadjon mengatakan, kebersihan itu sebuah keharusan dan bantuan pemerintah pusat untuk semua peralatan daur ulang ini, hendaklah kita bersyukur dan berterimakasih, dengan demikian harapan mempercepat capaian Flotim bersih akan lebih kita maksimalkan.

Baca juga; https://www.mediasurya.com/2020/10/23/pemerintah-pusat-kucurkan-15-4-miliar-bangun-talud-pengaman-pantai-di-flotim/


“Terimakasih ibu dirjen yang tahun lalu kunjungi Larantuka dan tahun ini kembali datang membawa bantuan untuk kabupaten ini” ujar Bupati Flotim.


Dikatakan Hadjon bahwa dirinya juga telah menegaskan kepada kepala lingkungan hidup untuk menjaga kota ini agar tetap bersih.


Saya juga bersyukur karena banyak komunitas muda pencipta kebersihan yang tumbuh di Flotim dan telah bersama pemerintah menjaga kebersihan kota ini ungkap Bupati Hadjon.

Baca juga ;https://www.mediasurya.com/2020/09/23/fraksi-partai-demokrat-minta-pemerintah-beri-perhatian-lebih-kepada-guru-honorer/


Sementara itu kepala sub bidang PSLB3, Ujang Solihin Sidik pada kesempatan tersebut mengatakan, pihaknya telah memberikan pelatihan kepada 12 anak muda Flotim untuk mengoperasional mesin pengolah sampah ini.


Solihin menggambarkan bahwa bagunan gedung pengolahan sampah ini seluas kurang lebih 200m persegi berdiri di atas lahan seluas 500 meter per segi.


Ada beberapa peralatan yang dihibahkan untuk Pemda Flotim diantaranya, 2 motor pengangkut sampah,dan 10 mesin pendaur ulang sampah.

Baca juga ;https://www.mediasurya.com/2020/10/15/pkk-kabupaten-selenggara-jambore-kader-pkk-dan-posyandu-lembata/


Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Flotim, Paulus Demoor kepada media ini (23/10/2020) mengatakan, dengan berdirinya rumah daur ulang sampah ini, kita harapkan upaya menjaga kebersihan kota tetap menjadi prioritas dan diselesaikan dengan baik.


Mesin daur ulang sampah ini menurut Demoor, memiliki kapasitas mengolah 10 ton sampah setiap hari. Sampah plastik akan di pres sebelum dikirim ke pabrik dan sampah organik akan diolah menjadi kompos.


“Mendaur ulang sampah ini, selain upaya menjaga kebersihan kota juga kita mengolah sampah yang tidak bermanfaat menjadi sesuatu yang bernilai ekonomi” ujar Demoor.ms

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *